Asosiasi Penambang Rakyat Indonesia

Latar Belakang

Tambang rakyat adalah profesi rakyat Indonesia yang telah ada jauh sebelum jaman penjajahan Belanda. Bahkan sejarah pertambangan rakyat di Indonesia jauh lebih tua daripada pertambangan rakyat di negara-negara lain seperti USA, Canada, Australia, dan Eropa lainnya. Namun kalau di negara lain, pertambangan rakyat telah berkembang menjadi perusahaan tambang raksasa yang mampu menambang di seluruh dunia, tetapi di Indonesia pertambangan rakyat justru tertekan oleh penguasa dan mengalami kondisi dan situasi sangat buruk.

Para peneliti menyatakan bahwa penjajah Belanda memperlakukan pertambangan rakyat lebih baik dari pemerintahan sekarang. Di lapangan para penambang mengalami berbagai pemerasan, penyiksaan dan perlakukan tidak adil secara sistematis dari para penguasa.

Fakta bahwa kegiatan pertambangan sering menjadi "penyelamat" rakyat di masa-masa krisis membuat jumlah penambang rakyat terus bertambah sampai sekarang. Selain jumlahnya semakin besar, telah melebihi 2 juta, penyebaran tambang rakyat juga hampir merata di seluruh Indonesia.

Berbagai stigma negatif seperti antilingkungan, ilegal, dan tidak memberi kontribusi kepada pemerintah menjadi bagian dari kampanye untuk semakin memarginalkan sektor ini. Padahal fakta ini sangat bertentangan dengan apa yang terjadi di lapangan. Semua penambang berusaha mendapatkan ijin tetapi selalu gagal karena oknum pemerintah tidak menginginkannya. Rakyat membayar 40%-60% dari pendapatan kepada para oknum aparat. Rakyat ingin legal supaya bisa membayar pajak, tetapi penguasa menghalanginya.

Para penambang hanya membutuhkan beberapa hektar hutan untuk membuka lapangan kerja puluhan ribu manusia, tetapi dikatakan sangat merusak. Coba bandingkan dengan perkebunan kelapa sawit atau lainnya yang harus menghancurkan ribuan hektar hanya untuk beberapa ribu orang, tetapi tidak dianggap merusak. Pemerintah dan pihak-pihak lain seperti LSM lingkungan lebih banyak mempersalahkan penambang tanpa bisa menunjukkan hal yang lebih baik, apalagi memberikan pembinaan.

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/usr/local/lib/php/extensions/no-debug-non-zts-20131226/php_exif.dll' - /usr/local/lib/php/extensions/no-debug-non-zts-20131226/php_exif.dll: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: